MENGATASI HAMBATAN BELAJAR PROBLEM SOLVING MATEMATIS SISWA DENGAN ANTISIPASI DIDAKTIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi hambatan epistemologis siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi persamaan linear satu variabel menggunakan pendekatan antisipasi didaktis di kelas VIII SMP Negeri 03 Sungai Kakap. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang siswa kelas VIII A. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus klinis. Hasil dan analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian adalah: Pendekatan antisipasi didaktis dapat mengatasi hambatan epistemologis problem solving siswa. Sebelum diberikan pendekatan antisipasi didaktis, keempat subjek terhambat pada semua langkah problem solving. Setelah diberikan pendekatan antisipasi didaktis hambatan pada langkah mengatasi masalah, menyusun rencana penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian dapat diatasi.
Kata kunci: Pendekatan Antisipasi Didaktis, problem solving, hambatan epistemologis
Abstract: the research work aimed to solve student epistemological obstacle in working on linear equation math story problem through didactic anticipation approach in grade VIII junior high school 03 Sungai Kakap. The participant of this study were 4 student of class VIII A. The research employed analytical descriptive method using clinical study case approach. The research finding showed that didactic anticipation approach could overcome the epistemological obstacle of studentin doing problem solving. Before given this approach, the four student found obstacles in problem solving. After given the didactic anticipation approach, the epistemological obstacle in understanding the problem, devising a plan, and carrying out the plan is overcome.
Keywords: Anticipation didactic approach, problem solving, epistemological obstacle
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i6.20317
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats