EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA DI MTs. NEGERI SUNGAI KAKAP
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan: (1) perencanaan evaluasi pembelajaran pendidikan agama, (2) pelaksanaan evaluasi pembelajaran pendidikan agama, (3) hasil evaluasi pembelajaran pendidikan agama. pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data menggunakan, yaitu observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan evaluasi pembelajaran pendidikan agama di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungai Kakap Kecamaatan Rasau Jaya Tahun 2016 pendidik agama sudah mampu mengembangkan silabus dan RPP secara mandiri sesuai dengan potensi peserta didik dan terbiasa meniru model yang sudah ada; (2) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran pendidikan agama di MTs Negeri Sungai Kakap Kecamaatan Rasau Jaya Tahun 2016 adalah Pendidik agama belum sepenuhnya melaksanakan tahap-tahap penilaian sesuai dengan standar penilaian dan KKM, (3) Hasil evaluasi pembelajaran pendidikan agama di MTs Negeri Sungai Kakap Kecamaatan Rasau Jaya Tahun 2016 yang diperoleh peserta didik telah mencapai hasil yang baik diatas batas minimal kelulusan (KKM) yaitu 70. Diharapkan bagi kepala sekolah dan para pendidik MTs Negeri Sungai Kakap di Rasau Jaya khususnya pendidik pendidikan agama untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya agar dapat menjalankan tugasnya secara optimal
Kata kunci : Evaluasi Program Pembelajaran, Pendidikan Agama.
Abstract : This study aims to determine: (1) Planning learning evaluation religious education in MTs Negeri river snapper jaya subdistrict rasau 2016 religious educators has been able to develop syllabus and lesson plans in accordance with the potential of learners and used to mimic the existing model; (2) The evaluation study religious education in MTs Negeri River snapper Kecamaatan Rasau Jaya 2016 are teachers of religion are not yet fully implementing the stages of assessment in accordance with the standards of assessment and KKM, (3) The results of the evaluation of teaching religious education in MTs Negeri Jaya Sungai Rasau snapper Kecamaatan 2016 obtained learners have achieved good results above the minimum level of graduation (KKM) is 70. Expected to principals and educators MTs Negeri river snapper in religious education, especially educators to improve their professional competence in order to carry out their duties optimally
Keywords: Evaluation Program Religious, Education Learning.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i4.19838
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats