Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dari pengasuh panti asuhan dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peran yang di
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dari pengasuh panti asuhan dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peran yang dilakukan oleh pengasuh dalam meningkatkan motivasi belajar anak sudah baik hanya saja pengasuh yang mengasuh hanya 2 orang saja dan hanya satu orang yang 24 jam mengasuh. Sedangkan pengasuh yang lain berada di tempat penitipan anak dari pagi sampai jam 5 sore. Untuk pemberian hadiah oleh pengasuh kepada anak yakni pemberian alat tulis dan uang jajan pada setiap semester dan kenaikan kelas. Pemberian penghargaan oleh pengasuh kepada anak yakni ketika pulang dari sekolah dan ketika mendapatkan nilai yang baik anak diberikan pujian. Pemberian hukuman oleh pengasuh kepada anak yakni dengan menasehati, memarahi anak dan menghukum sesuai dengan kesalahan yang diperbuat anak saja, maka anak sudah dapat diatasi oleh pengasuh.
Kata kunci: Peran pengasuh, Panti Asuhan, Motivasi
Abstract: The aim of this research is to describe the role of nanny orphanage in improving children's learning motivation. The method used in this research is descriptive method. The results of the research, it can be concluded that the roles performed by nanny in improving learning motivation is good only child nanny who care for only 2 people and only one person 24 hours parenting. While other nanny who are in daycare from morning till 5pm. For gift-giving by a caregiver to the child that the provision of stationery and pocket money each semester and grade. The award by the nanny to the children that when home from school and get good grades when children are given a compliment. Punishment by nanny to children is by advising, scolding the child and punish in accordance with the mistake only child, then the child can be addressed by a caregiver.
Keywords: Role of nanny, Orphanage, Motivation
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i3.19130
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats