图片教学法提高学生对汉语词汇学习掌握能力
Abstract
摘要 : 词汇在语言学习中非常重要,因为只有掌握了词汇,学生才能把意思说出来。如果词汇学得不好,很可能说不出话来,说出来的话也可能不对。使用图片教学法是帮助学生认读词汇的一种手段。本文研究的目的是 探究图片教学法能否提高学生汉语词汇的掌握能力。此外笔者还了解到,Kemala Bhayangkari 初中二年级的学生在学习词汇的时候比较难记住,所以笔者使用图片教学法来提高Kemala Bhayangkari 初中二年级的学生对汉语词汇的掌握能力。并采用图片教学法了解该班学生学习前与学习后的情况进 对比。对比结果显示,学习后的成绩明显提高,学习以前的正确率是41%,学习以后是79%,提高了38%。这是因为很直接,所以学生很容易明白。而且这个教学法很适合用来教词汇。通过看图片,学生们更容易记住汉字和拼音,以及如何读词汇和拼音。
.
关键词 :图片教学法 认读词汇能力 课堂教学
Abstrak: Kosakata dalam pembelajaran bahasa sangatlah penting, karena dengan menguasai kosakata, siswa dapat berbicara sesuai dengan makna dialog. Jika belajar kosakata tidak baik, sangat memungkinkan dapat berbicara tapi tidak sesuai dengan dialog. Tujuan penelitian dan penulisan skripsi ini adalah untuk meneliti apakah metode gambar benar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata Bahasa Mandarin. Selain itu, penulis menemukan bahwa, siswa kelas 2 SMP Kemala Bhayangkari dalam mempelajari kosakata Bahasa Mandarin sangatlah sulit untuk diingat, untuk itu penulis menggunakan metode pengajaran gambar untuk membantu siswa kelas 2 SMP Kemala Bhayangkari dalam mempelajari kosakata Bahasa Mandarin. Perbandingan situasi sebelum menggunakan metode gambar dan sesudah mengajar Perbandingannya menunjukkan secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil nilai rata-rata diawal Belajar 41%, setelah belajar 79%, meningkat sebesar 38%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran gambar sangat baik, karena bersifat langsung, sehingga sangat mudah dimengerti oleh siswa.
Kata Kunci : Kemampuan Mengenal dan Membaca Kosakata, Metode Gambar, Pembelajaran Dalam Kelas
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i3.19001
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats