MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Yunita Priningsih, Busri Endang, Desni Yuniarni

Abstract


Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Meningkatkan Pembelajaran Kecerdasan Spiritual Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Cita Sahabat Mulia Pontianak Tenggara ?”. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak, guru yang berjumlah dua orang dan anak yang berjumlah lima belas anak. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi dengan alat pengumpul data berupa pedoman observasi dan dokumen. Dari hasil penelitian diperoleh perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan spiritual melalui metode bernyanyi telah dilakukan guru. Pelaksanaan pembelajaran kecerdasan spiritual melalui metode bernyanyi telah dilakukan guru. Hasil peningkatan kecerdasan spiritual anak setelah bernyanyi yang berisi lirik-lirik lagu yang dapat meningkatkan kecerdasan spiritual anak usia 4-5 tahun dapat terlihat dari hasil pengamatan yaitu meliputi anak dapat mengenal identitas agama, menghafal nama-nama nabi dan rasul, dan anak dapat membedakan perilaku baik dan buruk.

Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Metode Bernyanyi, Anak Usia 4-5 Tahun.

Abstract: The problem in this research is "How to Improve Your Spiritual Intelligence Learning Through Singing Method In Children Aged 4-5 Years In kindergarten Cita Mulia Pontianak Southeast Companion?". Subjects in this study were teachers and children, teachers totaling two persons and children amounts to fifteen children. This research was conducted with descriptive research method uses a form of classroom action research. A research technique used is the technique of observation and documentation techniques with a data collector in the form of observation and documents. From the results obtained by the learning plan to improve spiritual intelligence through the singing had been performed teachers. Implementation of learning spiritual intelligence through the singing had been performed teachers. The resulting increase in spiritual intelligence of children after singing that contains lyrics that can increase spiritual intelligence of children aged 4-5 years can be seen from the observation that includes the child can recognize religious identity, memorize the names of the prophets and apostles, and the child can distinguish behavior good and bad.

Keyword : Spiritual intelligence, Singing Method, Son 4-5 Years Old.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723