PENINGKATAN MINAT BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Marthinus F34210225, Marzuki ., Sri Utami

Abstract


Abstrak : Judul Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Peningkatan minat belajar murid dengan menggunakan metode inquiry pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Kelapuk Toba Sanggau. Penelitian ini tujuan untuk memperoleh informasi tentang upaya peningkatan minat belajar murid menggunakan metode inquiry. Penelitian ini menggunakan metode diskriftif yang disajikan dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK),yang mengkombinasikan prosedur penilaian dengan tindakan substantif, merefleksi metode dengan tujuan meningkatkan proses maupun produk suatu pembelajaran. Penelitian ini dilakukan 2 siklus tahap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.Intrumen yang digunakan adalah RPP.Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan bahwa rata-rata tingkat minat murid pada siklus I diperoleh 42,3% dan pada siklus II 60,3 % maka terjadi peningkatan sebesar 17,7 %. Simpulannya adalah bahwa ketrampuilan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran memberikan respon positif.

Kata kunci : Minat Belajar Murid,Metode Inquiry

Abstract : The research title of this Class Action is Increasing students learning interests by using inquiry method in Science at Grade 5th of SDN 11 Kelapuk, Toba, Sanggau.The aim of this research is to get some informations about the increasing effort of students learning interests use inquiry method. This research uses descriptive method that presented in the class action research form that combined appraisement procedure by substantive action, to reflect the method with the goal to increase process or product in learning. This research is done by 2 cycles, the steps of cycle consists of planning, implementation, observation, reflection. The instrument that we used is RPP. The result of research shows have a enhancement about most of students interest in cycle I are 42,3% and in the cycle II are 6o,3% so have enhancement about 17,7%. The conclusion is the skill of the teacher in devise and to implement learning gives positive response

Keyword : Students Learning, Interest, Inquiry Method.


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i4.1878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats