PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MEDIA CARD SORT DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KAYONG UTARA

Dina Mariana, Fadillah ., Desni Yuniarni

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah penelitian yang terdiri dari: 1) Perencanaan pembelajaran dengan media card sort untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara. 2) Penerapan pembelajaran dengan media card sort untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara. 3) Perolehan belajar dengan media Card Sort untuk meningkatkan Kemampuan Kognitif pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara. Penelitian ini menggunakan  metode penelitian tindakan kelas. Tempat yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitian adalah di Taman Kanak–Kanak Negeri Pembina Kecamatan Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara dan sumber data diperoleh dari guru dan siswa. Subjek penelitan ini adalah 1 Guru dan 23 orang siswa. Pada siklus I hasil penilitan yang menunjukkan anak berkembang sangat baik adalah sebesar 15,4 % dan pada siklus II anak yang berkembang sangat baik menunjukkan perkembangan sebesar 60,1 %. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan media Card Sort dapat meningkatan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun pada Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Simpang Hilir terbukti berhasil dan dapat diterima kebenarannya.

Kata kunci: Kemampuan Kognitif Anak, card sort

Abstract: This study aims to answer the research problem consisting of: 1) Planning of learning with media card sort to improve cognitive abilities in children aged 5-6 years in kindergarten Simpang Hilir Negeri Pembina North Kayong. 2) The application of learning with media card sort to improve cognitive abilities in children aged 5-6 years in kindergarten Simpang Hilir Negeri Pembina North Kayong. 3) Acquisition of learning with media Card Sort to improve cognitive ability in children aged 5-6 years in kindergarten Simpang Hilir Negeri Pembina North Kayong. This study uses classroom action research. The place used researchers in conducting research is in kindergarten Pembina State Simpang Hilir, North Kayong and data sources obtained from teachers and students. This research subject is one teacher and 23 students. In the first cycle penilitan results that show that children develop very good was 15.4% and the second cycle of children who developed very well show growth of 60.1%. The conclusion of this study is to use the media Card Sort can improve cognitive abilities in children aged 5-6 years in kindergarten Simpang Hilir Negeri Pembina proved successful and can be accepted as true.


Keywords: Children's Cognitive Ability, card sort


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723