PENINGKATAN MOTIVASI DAN KREATIVITAS MENULIS KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 13 SEBANDANG TOBA SANGGAU

Yason F34210246, Nanang Heryana, Suryani .

Abstract


Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan

Abstrak: Judul penelitian ini adalah Peningkatan Kreativitas Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 Toba Sanggau Tujuan penelitian untuk meningkatkan kreativitas menulis karangan pada pembelajaran bahasa Indonesia . yang mana keterampilan menulis karangan dalam pembelajaran kurang maksimal dilakukan guru kelas.Sehingga murid khususnya Kelas IV kurang memahami dalam menulis karangan. Hasil observasi dan evaluasi di bawah rata-rata hanya8%. Metode penelitian ini adalah deskriptif, bersifat kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru kelas dan murid kelas IV berjumlah 22 orang. Teknik yang digunakan adalah observasi langsung dan dokumenter.Alat pengumpul data yang digunakan pedoman observasi dan catatan hasil belajar murid. Hasil penelitian prasiklus ke siklus I meningkat 72,72% dari siklus I ke siklus II 90,90% atau meningkat 18,18 %. Kesimpulannya, dengan menggunakan media gambar berseri terbukti meningkatkan kreativitas menulis karangan pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV

Kata kunci : Kreativitas, Menulis Karangan, Media Gambar Berseri.

Abstract: The title of this research is Increasing Creativity in Writing Essays by using picture Media Series in Indonesian Learning at Grade 4 th Studentsin SDN 13, Toba,Sanggau. The aimof this research is increasing the creativity in essays writing in Indonesian learning,which is the skills of essays writing is not maximum done by teacher,so the 4th students are not understand in eassys writing . The result of observasi and evaluation under of average is only 8%. The method of this research is descriptive,qualitative by research planing class action. The subyect of this reseach is teacher of the class and the 4th student which total 22 students. Tecnique that used is direct observation and documenter . The tools of data collection are used as guide observation and the result notes of students learning . The result of pre- cycle to cycle I increase 72,72% from cycle I to cycle II 90,90% or increase 18,18%. The conclusion,by using picture media series is proven increase writing essays creativity at Indonesian learning grade 4 th.

Keyword : Creativity, Writing essays,Series Picture Media.


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i4.1871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats