PENINGKATAN AKTIVITASMEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN KARTU HURUF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 14 TERAJU TOBA SANGGAU

Yovita Sinah, Nanang Heryana, Suryani .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) lakukan dengan menggunakan kartu huruf dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam mengenali bentuk huruf (b) Apakah dengan menggunakan kartu huruf dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam membaca surat pengucapan yang benar? (c) dilakukan dengan menggunakan kartu huruf dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam membaca suku kata? (d) lakukan dengan menggunakan kartu huruf dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam membaca sebuah kalimat? lakukan dengan menggunakan kartu huruf dapat meningkatkan hasil evaluasi belajar siswa? itu karena guru hanya menggunakan buku panduan guru tidak menarik dan tidak menggunakan media. Hal ini dapat dilihat dalam membaca pelajaran, siswa masih belum mengakui surat itu dan tidak bisa membaca pengucapan yang benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman membaca pemula dengan menggunakan kartu kata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian perilaku kelas. Desain penelitian ini terdiri dari pendahuluan (observasi pertama), desain, tindakan menerapkan, observasi, dan sumber reflection.Data dalam penelitian ini adalah siswa dalam proses pembelajaran membaca dengan menggunakan media kartu kata. Instrumen penelitian pertama adalah pengamat dirinya sebagai pengumpul data dengan menggunakan instrumen pendukung seperti lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan diikuti Slot analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, memberikan data, dan pemecahan masalah. Hasil membaca tindakan menerapkan dengan menggunakan media kartu kata dalam setiap siklus selalu meningkat. Pada siklus I tingkat keberhasilan hingga 64%. Untuk siklus II tingkat berhasil hingga 84,57%. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia belajar menggunakan kartu media dapat meningkatkan pemahaman mulai membaca untuk kelas satu SDN 14 Teraju Toba, Sanggau.
Kata Kunci: Membaca awal, kata kartu media, studi Indonesia.

Abstract: This research is aimed to knowing (a) do by using letter card can improve student creativity in recognizing letter form?(b) Do by using letter card can improve student creativity in reading correct pronunciation letter? (c) do by using letter card can improve student creativity in reading syllable ? (d) do by using letter card can improve student activity in reading a sentence? do by using letter card can improve result of students study evaluation? it is because the teacher using only uninteresting teachers guide book and dont use media. It can be seen in reading lesson, student still hasnt recognized the letter and cant read correct pronunciation. The aim of this research is to raise the understanding of reading beginner by using word card. This research using descriptive method and qualitative approach with the design of class behavior research. This design research consist of introduction (first observation), design, action implement, observation, and reflection.Data sources in this research is student in reading learning process by using word card media. First research instrument is the observer herself as a collector data using support instrument such as observation sheet. Data analyze is done by followed data slot analyze consist of collecting data, data reduction, giving data, and problem solving. The result of reading action implement by using word card media in every its cycle always increase. In first cycle the rate of succeed up to 64%. For the second cycle the rate of succeed up to 84,57%. It is showing that Indonesia learning uses card media can improve understanding begin reading for the first grade SDN 14 Teraju Toba, Sanggau.

Keyword: Reading start, word card media, study of Indonesia.


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i4.1865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats