PENGARUH METODE LEARNING COMMUNITY TERHADAP HASIL BELAJAR TOLAK PELURU KELAS VIII MTS N 2 PONTIANAK

Putra Hakiki, Andika Triansyah, Fitriana Hidasari

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode learning community terhadap hasil belajar tolak peluru dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada peserta didik kelas VIII MTS Negeri 2 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk true experimental design. Sumber data penelitian ini adalah kelas VIII B 2 berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VIII A berjumlah 34 orang sebagai kelas eksperimen. Analisis data dilakukan dengan sistem komputerisasi serta analisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil uji-t pada kelas kontrol dan eksperimen didapatkan nilai p value 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak (Ha diterima) artinya ada peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan, dimana dari selisih nilai mean pada kelas eksperimen (29,18) lebih besar dibandingkan pada kelas kontrol (5,86).

 

Kata kunci : Metode Learning Community, tolak peluru gaya menyamping

Abstract: This study aims to determine the effect of community learning methods on learning outcomes shot put in learning the sport physical education and health at class VIII students MTS Negeri 2 Pontianak. The method used is an experimental method to form true experimental design. The data source of this research is class VIII B 2 totaling 34 people as the control class A and class VIII totaling 34 people as a class experiment. Data was analyzed using computerized systems as well as analysis by using t-test. The result showed that the t-test results in grade control and experimental value 0,000 p value <0.05 then Ho is rejected (Ha acceptable) means that there is a significant improvement between the before and after treatment, in which the mean value of the difference in the experimental class ( 29.18) was higher than in the control group (5.86).

Keywords: Methods of Learning Community, shot sideways style

 

 

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723