MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP SANTA MONIKA KUBU RAYA

Agustina Rika Nurtasari, Yulis Jamiah, Dede Suratman

Abstract


Abstrak: Penelitian studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui  miskonsepsi siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Santa Monika Kubu Raya dan penyebab miskonsepsi yang berasal dari siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes diagnostik dan wawancara. Subjek penelitian yaitu 8 siswa kelas VII SMP Santa Monika. Subjek ditentukan berdasarkan jawaban tes diagnostik dan skor CRI yang diberikan siswa. Berdasarkan analisis data, miskonsepsi yang dialami siswa pada materi himpunan seperti miskonsepsi pengeneralisasian, miskonsepsi penspesialisasian dan miskonsepsi notasi. Penyebab miskonsepsi yang dialami siswa disebabkan oleh: 1) pemahaman yang tidak lengkap seperti catatan yang tidak lengkap; 2) pemikiran siswa sendiri seperti gabungan dalam materi himpunan sebagai gabungan dua kelompok benda, gabungan tidak memiliki irisan, himpunan memiliki sifat berkelompok, mendaftarkan anggota sama dengan keanggotaan himpunan, konsep himpunan bagian sama dengan irisan,   dan irisan dalam kehidupan sehari-hari sama dengan irisan yang ada pada materi himpunan.

 

Kata kunci : Miskonsepsi, Penyebab Miskonsepsi, Materi Himpunan

Abstrak: This case study research is aims to know misconception in material set of VII grade student’s of SMP Santa Monika Kubu Raya and the causes of students misconception derived from the students. The method of this research is used descriptive. The instrument that been use diagnostik test and interview. The subjek of this reseacrh is eight students of VII SMP Santa Monika. The subject is decided based on their answer on diagnostik test and CRI score that student’s had  given. Based on data analysis, misconceptions  experienced by students on material set such as misconceptions about overgeneralizing, misconceptions about overspecializing, and misconceptions about notation. The causes of the students misconception experienced by students caused by: 1) incomplete comprehension as incomplete notes; 2) students thoughts as union is a combination of two different groups, union don’t have intersection, set characteristic are groups, equate set elements enroll with set affilations, equate subset with intersection, and equate  intersection in every day life  with intersection in material set.

 

Keywords: Misconceptions, causes of students misconceptions, set in mathematics



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723