PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERSTRUKTUR MODALITAS SISWA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING DI SMP

Whillis Intan Nandasari, Sugiatno ., Ahmad Yani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasil penerapan pembelajaran problem posing berstruktur modalitas siswa untuk mengembangkan keterampilan problem solving dalam materi segiempat di kelas VII SMPI Al-Asy’ariyyah Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPI Al-Asy’ariyyah Pontianak yang terdiri dari tiga kelas yaitu VII A, VII B, VII C.  Sampel diambil secara purposive sampling dan kelas yang terpilih yaitu kelas VIIC. Hasil analisis data menunjukkan bahwa modalitas yang dimiliki siswa-siswi kelas VII C SMPI Al-Asy’ariyyah Pontianak yaitu  sebanyak 10 orang siswa memiliki modalitas visual, 8 orang siswa memiliki modalitas auditorial dan 12 orang siswa memiliki modalitas kinestetik. Setelah diberikan pembelajaran problem posing berstruktur modalitas, siswa mampu menyelesaikan  masalah dengan lebih dari satu cara penyelesaian kemudian siswa mampu dalam merumuskan soal kemudian menyelesaikannya. kondisi ini semakin berkembang pada pertemuan kedua dan ketiga.

 

Kata Kunci :Problem Posing, Modalitas Siswa, Problem Solving

 

Abstract : The purpose of this study was to describe the results of the application of problem posing learning structured of students modalities to develop problem solving skills in a rectangular material in class VII SMPI Al-Asy’ariyyah Pontianak. The Forms of research used in this study is a quasi experimental. The population in this study were students of class SMPI Al-Asy’ariyyah Pontianak which consists of three classes of VII A, VII B, VII C. Sample was taken by purposive sampling and the selected class is class VIIC SMPI Al-Asy’ariyyah Pontianak. The result showed that the modalities owned by the students of class VII C SMPI Al-Asy’ariyyah Pontianak as many as 10 students have a visual modality, 8 students have auditory modality and 12 students have kinesthetic modalities. After being given a problem posing structured learning modality, the student is able to resolve the issue more than one way of solving then the student is able to formulate questions and then finish it. This condition is growing at a meeting of the second and third.

Keywords: Problem Posing, Students Modality, Problem Solving


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723