PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN REKORDER MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SMP

Tarida Siahaan, Imma Fretisari, Asfar Munir

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memainkan rekorder melalui metode demonstrasi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B berjumlah 26 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar uji keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa masih melakukan kesalahan dimana posisi rekorder berada dibawah 30o maupun diatas 45o, kemudian siswa masih menggunakan pernapasan dada. Jari-jari siswa masih terlihat kaku dalam menutup lubang-lubang rekorder. Semua siswa belum lancar dalam menutup lubang-lubang rekorder. Pada siklus II, siswa sudah dapat memegang dengan benar. Ditemukan beberapa siswa masih menggunakan pernapasan perut dan dada sehingga nada yang dikeluarkan menjadi tidak stabil. Siswa sudah dapat menutup lubang rekorder dengan baik dan tidak terlihat kaku. Dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memainkan rekorder.

Kata kunci : keterampilan, rekorder, metode demonstrasi

Abstract: This study aims to improve students' skills in playing the flute through the method of demonstration. The research is a form of class action. The subjects were students of class VIII B, for a total of 26 people. This research was conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages: planning, implementation, observation and reflection. The research tool is the observation sheets and sheets test of skill. The results showed that in the first cycle of students still make mistakes in the position of the recorder under the 30o or 45o above, then students are still using thoracic breathing. The radius of the students still looks stiff in the hole last recorder. All students not yet fluent in the recorder closing holes. In the second cycle, students have been able to maintain properly. some students still use abdominal breathing and chest so the emitted tone becomes unstable found. Students can now close the hole and recorder and not look stiff. It can be concluded that through the demonstration method can improve students' skills in playing the recorder.

Keywords: skill, recorder, demonstration method


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723