PENGARUH BUDAYA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP MUTU GURU PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN SEKAYAM

Yuli Budhiarti, Wahyudi ., Sukmawati .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan Untuk mengungkap apakah budaya sekolah berpengaruh terhadap mutu guru pada SMP Negeri di Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau. Untuk mengungkap apakah motivasi kerja berpengaruh terhadap mutu gurupada SMP Negeri di Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau. Untuk mengungkap apakah budaya sekolah dan motivasi kerja berpengaruh secara bersama sama terhadap mutu guru pada SMP Negeri di Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan teknik tidak langsung pengumpulan datanya dengan menggunakan instrumen yang berbentuk angket.  Sampel penelitian adalah guru pada SMP Negeri Di Kecamatan Sekayam yaitu sebanyak 35 responden. Berdasarkan hasil analisis didapat beberapa temuan. Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan budaya sekolah (X1) dengan mutu guru (Y) memiliki tingkat signifikansi 0,004, nilai ini lebih kecil dari 0,005 atau sig < α ini berarti hipotesis penelitian yang menyatakan” Budaya sekolah berpengaruh signifikan terhadap mutu guru pada SMP Negeri di Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau “diterima.Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja (X2) dengan mutu guru (Y)memiliki tingkat signifikansi 0,002, nilai ini lebih kecil dari 0,005 atau sig < α ini berarti hipotesis penelitian yang menyatakan” Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap mutu guru pada SMP Negeri di Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau.

 

Kata kunci: Budaya Sekolah, Motivasi Kerja, Mutu Guru

Abstract: This research aims to To reveal whether the school's culture influences the quality of teachers at the Junior High School in District Sekayam Sanggau. To reveal whether work motivation influence on the quality of teachers at the Junior High School in District Sekayam Sanggau. To reveal whether the school's culture and work motivation with the same effect on the quality of teachers in Junior High School in Sekayam DistrictSanggau. The method used is descriptive method and indirect techniques of data collection using the instrument in the form of a questionnaire. The sample was a teacher at the Junior High School in the District Sekayam as many as 35 respondents. Based on the analysis results obtained some findings. First, there is significant influence school culture (X1) with the quality of teachers (Y) has a significance level of 0.004, this value is smaller than 0.005 or sig <α means the research hypothesis which states "School culture significantly influence the quality of teachers at the Junior High School in SubdistrictSekayamSanggau "acceptable". Second, there is significant influence between work motivation (X2) with the quality of teachers (Y) has a significance level of 0.002, this value is smaller than 0.005 or sig <α means the research hypothesis which states "Motivation significant effect on the quality of teachers in Junior High School in SekayamDistrict Sanggau.

 

Keywords: School Culture, Work Motivation, Teacher Quality 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723