PENGARUH MODEL INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI SPERMATOPHYTA KELAS X

Sumiyati ., Laili Fitri Yeni, Reni Marlina

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada sub materi  Spermatophyta kelas X SMA Negeri 8 Pontianak. Bentuk penelitian ini adalah Quasy Exsperimental Design dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen yang diambil menggunakan teknik intact group. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk objektif yang terdiri dari 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor post-test kelas eksperimen sebesar 15,9 dan kelas kontrol sebesar 14,6. Berdasarkan analisis data menggunakan uji U Mann-Whitney diperoleh Zhitung (-2,91) < -Ztabel (-1,96) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model inkuiri dengan siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional.

Kata kunci: Hasil Belajar, Model Inkuiri, Spermatophyta

Abstract: This study aimed to find out the effect of inquiry model to student learning outcomes in spermatophyta sub material class X State Senior High School  8 Pontianak. The research was a Quasy Exsperimental Design with a Nonequivalent Control Group Design. Samples consisted of two classes i.e class X MIA 2 as the control class, and class X MIA 4 as the experimental class which was using the intact group technique. The instrumen used was an objective test consisted of 20 questions. The result of reserch the average post-test score the experimental class was 15,9 and the control class was 14,6. The data analysis using the U Mann-Whitney test showed that Zcount (-2,91) < -Ztable (-1,96) which is indicated that there was a difference between learning outcomes of students taught using inquiry model and those tought using conventional models.

Keywords: Learning Outcomes, Inquiry Model, Spermatophyta

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723