PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO UNTUK PEROLEHAN BELAJAR KONSEP NORMA-NORMA KEHIDUPAN PADA PELAJARAN PEDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

. Marhani, Aunurrahman ., Syahwani Umar

Abstract


 

Abstak: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan produk yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang menjelaskan tetang norma-norma dalam masyarakat. Dalam penelitian ini melibatkan seorang ahli konten, seorang ahli media, rekan guru,  kelompok kecil untuk uji coba dan kelompok besar. Subjek uji coba adalah pebelajar kelas VII MTs Sirajul Ulum Pontianak. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan model interaktif yaitu pengumpulan data, penyajian data, analisa data dan penarikan kesimpulan verifikasi. Hasil pengembangan media divalidasi oleh para ahli untuk memastikan kualitas media yang dihasilkan. Uji coba dilakukan pada uji coba  kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang digunakan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Rata-rata tingkat kelayakan berdasarkan ahli konten sebesar 4,7 % atau kategori sangat baik; validasi ahli media sebesar 4.9 % atau sangat baik,uji coba kelompok kecil sebesar 8,96% atau kategori  sangat baik; dan uji coba lapangan sebesar 8,93 %  atau  sangat baik.

 

Kata kunci:  Pengembangan Media Video , Perolehan Belajar, Norma-Norma

Abstraction: This study is a product development research which aims to produce media that explains neighbor norms in society. In this study involved a content expert, a media expert, fellow teachers, small group and large group trials. Subject trial is pebelajar class VII MTs Sirajul Ulum Pontianak. Data was obtained through interviews, observation and documentation. Analysis of the data using an interactive model of data collection, data presentation, data analysis and conclusion verification. Media development results validated by experts to ensure the quality of media produced. Tests performed on a small group trial and field trials. The results showed that the media used fit for use as a medium of learning. The average level of eligibility based on the expert content of 4.7% or excellent category; media expert validation 4.9% or very good, small group trial of 8.96% or excellent category; and field trials by 8.93% or excellent.

 

Keywords: Video Media Development, Acquisition Learning, Norms


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723