MODEL MEANS ENDS ANALYSIS DAN DIRECT INTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Ahmad Supendi, Yulis Jamiah, Dian Ahmad

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Means Ends Analysis (MEA) dan Direct Intruction (DI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dalam materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 7 Pontianak. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental design) dengan rancangan penelitian randomized control-group pretest-posttest design. Sampel ditentukan melalui teknik cluster random sampling. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model MEA dan DI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu: 1) sebelum pembelajaran dengan model MEA kemampuan pemecahan masalah matematisnya sebesar 43% dengan kategori sedang, setelah pembelajaran menjadi 60% dengan kategori tinggi. 2) sebelum pembelajaran dengan model DI kemampuan pemecahan masalah matematisnya sebesar 45% dengan kategori sedang, setelah pembelajaran menjadi 55% dengan kategori sedang. Hal ini menggambarkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis pada pembelajaran dengan model MEA lebih baik daripada model DI.

 

Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, MEA, DI.

Abstract: This research aims to find out comparison the effect of  Means Ends Analysis (MEA) and Direct Instruction (DI) application models toward the mathematical problem solving ability of students’ in geometry of VIIIth grades SMP Negeri 7 Pontianak. The research method used is a quasi experimental method with randomized control-group pretest-posttest design. Samples was determined by cluster random sampling techniques.  Results of data analysis showed that there was the effect of application of MEA and DI models toward the matematial problem solving ability of students, namely: 1) Before learning with MEA model the mathematical problem solving ability of 43% with medium category, after learning becomes of 60% with advaned category. 2) Before learning with DI model the mathematical problem solving ability of 45% with medium category, after learning becomes of 55% with medium category. This illustrates that mathematical problem solving ability on learning with MEA model is better than DI model.

 

Keywords : Mathematical Problem Solving Ability, MEA, DI.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723