TINGKAT KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMA MUHAMMADIYAH 2

Ade Dian, Victor G Simanjuntak, Mimi Haetami

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui keaktifan indera, keaktifan akal, keaktifan ingatan, dan keaktifan emosi dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes di SMA Muhammadiyah 2 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pontianak yang berjumlah 97 peserta didik. Sampel yang digunakan total sampling yang berjumlah 97 peserta didik.

Berdasarkan hasil penelitian adapun tingkat keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes di SMA Muhammadiyah 2 Pontianak tergolong pada tiga klasifikasi yaitu sangat baik sebesar 44,3%, baik sebesar 52,6% dan cukup sebesar 3,1%. Sedangkan jumlah pengelompokan skor keseluruhan dari semua peserta didik berjumlah 15070 sehingga termasuk dalam klasifikasi baik yaitu sebesar 52,6%.

 

Kata Kunci:  Tingkat Keaktifan Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran Penjasorkes

Abstract: The purpose of the study was to determine the activity of the senses, active mind, active memory, and emotional liveliness in the following study in SMA Muhammadiyah 2 penjasorkes Pontianak. The method used in this research is descriptive method with survey forms. The population in this study were all students of class X SMA Muhammadiyah 2 Pontianak totaling 97 learners. The sample used total sampling totaling 97 learners.

Based on the research results as for the level of activity of students in the following study in SMA Muhammadiyah 2 penjasorkes Pontianak classified in three classifications are very good by 44.3%, 52.6% and good enough at 3.1%. While the number of overall scores grouping of all learners amounted to 15 070 so that is included in both classifications, namely by 52.6%.

Keywords: The Level of Students Activity in Learning Penjasorkes

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723