PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN KARTU DOMINO KIMIA

Khalida Atikah, Eny Enawaty, Husna AmalyA Melati

Abstract


Abstrak : Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan guru untuk memperbaiki kualitas pembelajarannya. Kualitas pembelajaran dapat ditentukan oleh aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XB MAN 2 Pontianak pada materi tata nama senyawa sederhana melalui model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan kartu domino kimia. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebanyak 41 orang siswa berpartisipasi dalam penelitian ini. Lembar observasi dan tes hasil belajar digunakan sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan aktivitas memperhatikan, aktivitas lisan dan aktivitas menulis dari pra siklus ke siklus I berturut-turut sebesar 66,00%, 54,30%, dan 49,00%. Aktivitas memperhatikan, aktivitas lisan dan aktivitas menulis meningkat dari siklus I ke siklus II berturut-turut sebesar 2,50%, 6,70%, dan 14,20%. Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 44,00% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,36%.

Kata kunci : Team Assisted Individualization, kartu domino kimia, tata nama senyawa sederhana, aktivitas, hasil belajar

Abstract: This research was based on the teacher pretension to fix the qualities of learning. The learning qualities may be determined by learning activities and results. The objective of this research is to increase results and activities of learning on the students of  X b class of  Madrasah Aliyah Negeri (State Islamic High School) 2 Pontianak for simple compound nomenclature in cooperative mode of Team Assisted Individualization (TAI) with chemical domino. Class Action Research method was used in this analysis with 41 students as the responders. The research instruments are observation and test papers. The results showed the activities escalations on speaking and writing from pre-cycle to 1st cycle consecutively; 66.00%, 54.30% and 49.00%. The escalations were also monitored from 1st to 2nd cycle on 2.50%, 6.70% and 14.20%. These results also showed 44.00% escalation from pre to 1st cycle, and 9.36% from 1st to 2nd cycle.

Keywords: Team Assisted Individualization, chemical domino, simple compound nomenclature , activities, learning results.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723