PENERAPAN QUICK FEEDBACK DENGAN RAINBOW CARD UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK MTs MATERI HUKUM ARCHIMEDES
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas remediasi menggunakan metode quick feedback dengan rainbow card dalam menurunkan jumlah peserta didik yang miskonsepsi pada materi hukum Archimedes di kelas VIII MTs Negeri Semparuk. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan rancangan nonequivalent control group design yang melibatkan 67 peserta didik terdiri dari 35 peserta didik kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas kontrol. Hasil penelitian ini diperoleh penurunan persentase jumlah miskonsepsi tiap peserta didik dengan rata-rata 86,9% untuk kelas eksperimen dan 15,08% untuk kelas kontrol. Penurunan persentase jumlah peserta didik yang miskonsepsi tiap konsep dengan rata-rata sebesar 82,22% untuk kelas eksperimen dan 19,54% untuk kelas kontrol. Penerapan metode quick feedback dengan rainbow card efektif menurunkan jumlah peserta didik yang miskonsepsi sebesar 1,87 (tinggi). Sehingga remediasi menggunakan metode quick feedback dengan rainbow card diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif untuk memperbaiki miskonsepsi peserta didik dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Remediasi, Miskonsepsi Fisika, Quick feedback, Rainbow card
Abstract: This study aims to determine effetiveness remediation using quick feedback methode with rainbow card to reduce student misconception on archimedes’s law in VIII class MTs Negeri Semparuk. The research method used is quasi-experimental design with a nonequivalent control group design that involve 67 student consist of 35 student for experiment class and 32 student for control class. The percentage decrease student which misconception each student with average 86,9% for the experiment class and 15.08% for the control class. The percentage decrease student which misconception each concept with average 82,22% for the experiment class and 19.54% for the control class. Aplication quick feedback methode with rainbow card effective to reduce student misconception on archimedes’s law as big as 1,87 (high). With the result that remediation using quick feedback methode with rainbow card can be use as an alternatif to repaired student misconception on learning process.
Keywords: Remediation, Physics Misconception, Quick feedback, Rainbow card
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i2.18463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats