DESKRIPSI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA KONTEKSTUAL

Deni Kurniawan, Edy Yusmin, Hamdani .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita kontekstual. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian survey. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Pontianak. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk essay. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyatakan kembali informasi penting dari soal cerita yang memuat masalah nyata (kontekstual) ke dalam bentuk tabel tergolong tinggi dengan persentase 62,38%; kemampuan siswa dalam menghubungkan dan menyatakan situasi nyata (kontekstual) berbentuk soal cerita ke dalam model matematika tergolong sangat rendah dengan persentase 19,05%; kemampuan siswa dalam menjelaskan jawaban dari permasalahan pada soal cerita yang memuat masalah nyata (kontekstual) secara sistematis tergolong sangat rendah dengan persentase 14,29%.

Kata kunci: Komunikasi Matematis, Soal Cerita Kontekstul, Program Linear

Abstract: This research aims to describe students‘ mathematical communication ability in solving of contextual word problems. The research method that used is descriptive with survey research. The subject of this research are 35 students grade XI MIA 1 SMA Negeri 2 Pontianak. The data collection instrument that used is written test in essay. The result of analysis data showed that the students’ ability to restate the important information from word problems that contains the real problem (contextual) into the tables is classified as high with percentage 62.38%; the students' ability to connect and state the real situation (contextual) in the word problems into a mathematical model is classified as very low with percentage 19.05%; the students' ability to explain the answer from the problem in word problems that contains the real problem (contextual) systematically is classified as very low with percentage 14.29%.

Keyword: Mathematical Communication, Contextual Word Problems, Linear Programming


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723