ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA KESEHATAN (PADA PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK)

. Abdurahman, Junaidi ., AMinuyati .

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan jasa kesehatan (studi kasus pasien  rawat inap Rumah Sakit Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitaif, Sampel sebanyak 12 orang dari kelas perawatan yang berbeda dengan ketentuan pasien yang beumur di atas 17 tahun dan pernah menginap minimal 1 hari. Untuk melihat kualitas pelayanan jasa yang telah diberikan oleh pihak rumah sakit, digunakan lima fokus kualitas jasa (Service Quality), yaitu Berwujud (Tangible), Keandalan (Reliability), Ketanggapan (Responsiveness), Jaminan dan Kepastian (Assurance), dan Empati (Empathy). Hasil dari kelima fokus tersebut pelayanan  Rumah Sakit Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak suah baik hanya pada fokus Berwujud (Tangible) pada indikator layout atau letak rumah sakit kurang baik.

Kata Kunci : Kualitas Jasa, Pasien Rawat Inap.

Abstract : This study aims to determine how the quality of health services (a case study of inpatients Tanjongpura University Teaching Hospital Pontianak). This research is a Qualitative research, sample of 12 people from different treatment classes with the provisions beumur patients over 17 years and stayed minima 1 day. To see the quality of service that has been provided by the hospital, used five focus of service quality (Service Quality), namely Tangible (Tangible), Reliability (Reliability), Responsiveness (Responsiveness), Security and Assurance (Assurance), and Empathy (Empathy ). The results of the focus of the five services Tanjongpura University Teaching Hospital Pontianak good suah focus only on Tangible (Tangible) on indicators of layout or location of the hospital is not good.

Key words : Quality Services, Inpatient.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723