KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KELAS VIII SMP PONTIANAK

Tari Indriani, Agung Hartoyo, Dwi Astuti

Abstract


Abstrak: Artikel ini merupakan hasil analisis deskriptif kualitatif dan kuantitaif untuk mengeksplorasi kemampuan penalaran adaptif siswa dalam memecahkan masalah di kelas VIII C SMP Negeri 03 Pontianak. Subjek penelitian sebanyak 36 siswa. Alat pengumpul data berupa tes penalaran adaptif pada materi Geometri yang berhubungan dengan teorema Pythagoras dan pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan penalaran adaptif siswa sebagian besar masih dalam kategori rendah hingga sangat rendah, karena terdapat 25 siswa (69,45%) hanya mampu mencapai skor dengan rentangan 8-16 (dari skor maksimum 26), sedangkan sembilan siswa (25%) berada pada kategori sedang dengan rentangan skor 17-20, dan hanya dua siswa (5,55%) berada pada kategori tinggi dengan rentangan skor 21-22. Siswa yang mencapai kategori tinggi ternyata tidak mampu menarik kesimpulan secara logis terhadap suatu pernyataan dan tidak mampu mengajukan dugaan atau konjektur dengan benar, tetapi mampu melakukan generalisasi.

 

Kata kunci: Penalaran Adaptif, Memecahkan Masalah.

Abstract: This article is the result of qualitative descriptive and quantitative analysis to explore the adaptive reasoning ability of students in solving problems at Junior High School 3 Grade VIII Class C. The subject of this research consists of 36 students. Collecting data tools were adaptive reasoning test on Geometry which related about Pythagoras Theorem and interview guidelines. The result showed that the adaptive reasoning ability of students mostly still in the category of low to very low, because there are 25 students (69,45%) was only able to achieve a score with a range of 8-16 (the scores maximum are 26), while nine students (25%) are in the medium category with a range of 17-20, and only two students (5,55%) at high category with score range 21-22. Students who achieve high category were not able to draw conclusions logically to a statement and was not able to present an allegation or conjecture correctly, but is able to generalize.

 

Keywords: Adaptive Reasoning, Problem Solving.

B


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723