REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DISERTAI BOOKLET DI SMP
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penurunan jumlah siswa yang miskonsespi setelah remediasi menggunakan metode demonstrasi disertai booklet dalam materi pembiasan cahaya pada lensa di SMP Negeri 13 Pontianak. Bentuk penelitian ini adalah quasi experimental design dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas XD sebagai kelas kontrol dan IXC sebagi kelas eksperimen yang berjumlah 74 siswa. Pada kelas eksperimen penurunan persentase jumlah siswa yang miskonsepsi rata-rata sebesar 58,86% dan kelas kontol rata-rata sebesar 32,67%. Hasil uji McNemar menunjukkan bahwa terjadi perubahan jumlah siswa yang miskonsepsi tiap konsep secara signifikan pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol perubahan jumlah siswa yang miskonsepsi secara signifikan terjadi konsep proses pembiasan cahaya dan sifat lensa cembung. Berdasarkan hasil U Mann-Whitney dengan taraf signifikan α = 5% Zhitung<-Ztabel (-3,027 < -1,96) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara jumlah miskonsepsi siswa mengikuti remediasi menggunakan metode demonstrasi disertai booklet dengan siswa yang mengikuti remediasi menggunakan metode konvensional. Sehingga pembelajaran menggunakan metode demonstrasi disertai booklet dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru untuk memperbaiki miskonsepsi siswa pada pelajaran fisika.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Remediasi, Demonstrasi, Booklet
Abstract: The purpose of this research was to know the decreasing students number of miscoception after remediation using the demonstration method accompanied by booklet about refraction of light on the lens in SMP Negeri 13 Pontianak. The form of this research was a quasy experimental design with nonequivalent control group design. The sample of this research are IXD as control class and the IXC as experiment class totaled 74. In experiment class average decreasing the percentage students number of miscoception is 58,86% and control class average is 32,67%. Mc Nemar test results show that changes in the number of students who misconceptions each concept significantly in the experimental class and the control class changes in the number of students significantly misconception occurs in 2 concepts. Based on the results of the Mann-Whitney U with significance level α = 5% Zhitung <-Ztabel (-3.027 <-1.96) indicates that there is a difference between the number of misconceptions students follow a remediation method booklet demonstration accompanied by students who take remediation using conventional methods. So that the learning method demonstration accompanied by a booklet can be used as an alternative for teachers to improve student misconceptions in physics lessons.
Keyword: Misconception, Remediation, Demonstration, Booklet
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i2.18387
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats