MANAJEMEN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KARYA SEKADAU

Agus Supriyanto, Aswandi ., H.M. Chiar .

Abstract


Abstrak: Peneliti merumuskan fokus penelitian manajemen mutu layanan pendidikan, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah Pengawas SMA Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sekadau, Kepala Sekolah SMA Karya Sekadau, Wakil Kepala Sekolah, Guru-Guru, Staf Tata Usaha, dokumen program  yang dilakukan sekolah terkait dengan manajemen mutu layanan pendidikan. Data dikumpulkan peneliti dengan mengunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil analisis membuahkan temuan sebagai berikut: (1) Layanan pendidikan yang dilakukan di SMA Karya Sekadau Kabupaten Sekadau terdiri dari layanan proses pembelajaran dan pembinaan siswa maupun guru dan staf tata usaha, (2) Perencanaan mutu layanan pendidikan termasuk kategori baik dengan melibatkan pihak terkait : kepala sekolah, dewan guru, staf tata usaha, komite sekolah dan pengawas SMA Kabupaten Sekadau, (3) Pengendalian mutu layanan pendidikannya dilakukan sebelum, saat dan setelah rencana dilaksanakan dalam bentuk monitoring, (4) Perbaikan mutu layanan pendidikannya dilaksanakan secara kontinu melalui identifikasi proses dan metode perbaikan, membentuk tim yang bertugas melakukan perbaikan serta penyediaan sumber daya dan pelatihan-pelatihan.

 

Kata Kunci: Manajemen, Mutu, Layanan Pendidikan

 

Abstract: Researchers formulate a research focus of service quality management education, This study used a qualitative approach with case study. The data used is the Senior Supervisory Sekadau, Principal School Karya Sekadau, Vice Principal, Teachers, Staff Administration, conducted school program documents related to the quality management of educational services. Researchers collected data by using observation, interview and documentation. The results of the analysis yielded the following findings: (1) Service performed in high school Karya Sekadau consists of service learning and coaching students and teachers and administrative staff, (2) Planning quality of education services including both categories by involving related parties: the principal, the teachers, administrative staff, (3) Control of service quality of education carried out before, during and after the plan was implemented in the form of monitoring, (4) Improved quality of service studies conducted through the identification and continuous process improvement method, forming a team assigned to conduct repairs and the provision of resources and training.

 

Keywords: Management, Quality, Education Services


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723