PENGENDALIAN SOSIAL OLEH GURU DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA MEMBOLOS (STUDI DI SMA)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan hasil pengendalian sosial oleh guru dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa membolos (studi di kelas X SMA Islamiyah Pontianak). Metode yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data adalah panduan observasi dan panduan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pengendalian sosial yang dilakukan oleh guru dalam upaya mencegah dan menanggulangi perilaku membolos yang dilakukan siswa. Terdiri dari dua jenis yaitu pengendalian sosial persuasif yaitu dengan cara memberikan pemahaman, sosialisasi, dan bimbingan. Kemudian pengendalian sosial koersif yaitu dengan cara pemberian teguran dan hukuman. Hal lain yang ditemukan yaitu hasil pengendalian sosial yang telah diterapkan oleh guru sudah berjalan dengan baik terlihat dari tidak ada lagi siswa yang melakukan pelanggaran membolos mengulangi perbuatannya.
Kata Kunci : Pengendalian Sosial, Perilaku Menyimpang, Siswa
Abstract: This research aimed to find out the forms and result of the social control by the teachers in addressing the deviant behavior of students truant (study in class X SMA Islamiyah Pontianak). The method used was descriptive. The technique of data collection techniques used were observation, interview and documentation study. The data collection tools were an observation guide, interview guidelines and documentation. The results showed the a forms of social control undertaken by teachers as an effort to prevent and cope the deviant behavior of the skipping the class done by the students. Two types of social control the first one was persuasive, that was done by giving an understanding, socialization, and guidance. Then the second one was coercive social control that was done the by warnings and punishments. At also found that the result of the social control implemented by the teacher has been running well based on the fact that the were no students who repeat that deviant behavior.
Keyword: Social Control, Deviant Behavior, Students
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i2.18382
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats