APLIKASI COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION UNTUK MEREMEDIASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GERAK LURUS SMP

ANNISA AMBARWATI, Edy Tandililing, Judyanto Sirait

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  efektivitas aplikasi Computer Assisted Instruction (CAI) untuk meremediasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal gerak lurus di SMP Muhammadiyah 1 Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan one group pre-test post-test design. Alat pengumpul data berupa 5 soal pilihan esai dari 5 indikator soal. Sampel penelitian ini ialah 31 orang siswa dari kelas VIIA yang dipilih dengan teknik intact group. Berdasarkan analisis jawaban, bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan siswa sebelum dan sesudah remediasi mengalami penurunan dari 65,7% menjadi 22,4%. Persentase penurunan untuk kesalahan dalam memvisualisasikan soal adalah sebesar 68%, untuk kesalahan menentukan rumus sebesar 59%, dan untuk kesalahan menyelesaikan perhitungan sebesar 77%. Berdasarkan perhitungan effect size diperoleh nilai 0,54 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi Computer Assisted Instruction (CAI) efektif untuk meremediasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal gerak lurus.

Kata kunci: Remediasi, kesalahan, CAI, Gerak Lurus.

Abstract: This study aims to determine effectiveness of application Computer Assisted Instruction (CAI) to remediate students’ errors in solving the problem of linier motion in SMP Muhammadiyah 1 Pontianak. This research is a pre-experimental design with one group pre-test post-test design. The data collecting instrument are 5 essay questions from 5 question indicators. The sample of this research were 31 students from VIII A class, choosen by using intact group technique. Based on the data analysis, the errors type before and after remediation has decreased  from 65,7% to 22,4%. The percentage decline of error in question visualisation is 68%, for error in determine formula is 59%, and for error in solve the calculation is 77%. Effect size calculation obtained 0,54 in moderate category. Those results show that application Computer Assisted Instruction (CAI) effective to remediate students’ errors in solving the problem of linier motion.

Key words: Remediation, error, CAI, Linier Motion.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723