PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOSIOLOGI BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IIS 2

Fetty Nur Mutia, Yohanes Bahari, Rustiyarso .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran sosiologi berbasis masalah terhadap hasil belajar pada siswa kelas XI IIS 2 di SMA Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi Experimental dengan rancangan penelitian Pretest-posttest control group design. Teknik Pengumpul data dilakukan melalui observasi dan tes. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi (Check List), dan Pretest-postest. Berdasarkan hasil peneltian kelas eksperimen lebih kritis daripada kelas kontrol. Tahap evaluasi penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat dibuktikan dari hasil pretest dan posttest, skor rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan. Skor rata-rata hasil pretest kelas ekperimen 77,25 dan posttest 80,40. Sedangkan hasil rata-rata nilai kelas kontrol pretest 66,11 dan posttest 71,00. Hal ini membuktikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat mempengaruhi penigkatan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar Siswa

Abstract: This research aims to determine the effect of the application of problem based learning model sociology students of class XI IIS 2 SMA Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya. The method used in research is quasi experimental research design using pretest-posttest control group design. Data collected with observation and test. Data collection tool is the observation sheet and pretest-posttest. Based on research result more critical experimental class than the control class. Evaluation step of the application of problem based learning model can be evidenced from the result of the pretest and posttest. The average score between then experimental clas and control class is differences. The average score of the result of experimental class is pretest 77,25 and posttest 80,40. While the average score of result of control clsass is pretest 66,11 and posttest 71,00. This proves the application of problem based learning model can influece the improvement student learning outcomes.

 

Keywords: Problem based learning, student learning outcomes

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723