REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDES MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DI SMA

Lusia Suwanti Ampah, Stepanus Sahala, Haratua Tiur Maria S

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui remediasi miskonsepsi menggunakan model pembelajaran guided discovery berpengaruh pada penurunan miskonsepsi siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 5 Pontianak pada materi hukum Archimedes. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design dengan sampel penelitian berjumlah 30 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase rata-rata penurunan miskonsepsi siswa setelah diberikan remediasi sebesar 48,22%. model pembelajaran guided discovery efektif untuk meremediasi miskonsepsi siswa dengan kriteria effect size sebesar 3,42 (berkatagori tinggi). Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif kegiatan remediasi bagi siswa agar dapat mengatasi miskonsepsi yang dialami oleh siswa.

 

Kata Kunci: Miskonsepsi, Remediasi, Guided Discovery, fisika.

 

Abstract: The aims to determine the remediation of misconseption using guided discovery learing model to decline XII students miskonsepton sclence 3 SMA N 5 Pontianak on Archimedes law. This research used experimental design with one group pretest-posttest with 30 students. The result show the average percentage reduction in misconseption is 48,22%. Guided discovery lerning models is effectively to remediate misconseption with the effect size 3,42 (high category). This research expected to be uce as an alternative remediation activities by physics teacher to remediation student misconseptions.

Keywords: Misconception, Remediation, Guided Discovery, physics.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723