PENGARUH PEMBERIAN EXPLICIT CORRECTIVE FEEDBACK PADA TUGAS PEKERJAAN RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi explicit corrective feedback dengan siswa yang diberi implicit corrective feedback pada tugas pekerjaan rumah terhadap hasil belajar materi fluida dinamis kelas XI MIA SMA Mujadihin Pontianak. Rancangan penelitian ini berupa quasi-experimental design dengan jenis pretest-posttest control group design. Sebanyak 41 siswa berpartisipasi dalam penelitian ini yang terdiri dari 20 siswa dari kelas XI MIA1 sebagai kelompok eksperimen dan 21 siswa dari kelas XI MIA2 sebagai kelompok kontrol. Data diuji secara statistik menggunakan uji-t untuk kasus dua kelompok yang saling bebas. Hasil analisis secara statistik menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok yang diberi explicit corrective feedback dengan kelompok yang diberi implicit corrective feedback. Namun, hasil analisis menunjukkan bahwa kelompok yang explicit corrective feedback memiliki kemampuan menganalisis soal yang lebih dibandingkan kelompok yang diberi implicit corrective feedback.
Kata Kunci: Explicit Corrective Feedback, Pekerjaan Rumah
Abstract: The aim of this research was to determine the differences learning result between students who were given explicit corrective feedback with students who were given implicit corrective feedback on homework assignment against learning result in dynamic fluid grade XI SMA Mujahidin Pontianak. The form of this research was quasi-experimental design with research design was used pretest-posttest control group design. 41 students were participated in this research, 20 students of XI MIA1 class as an experiment group and 21 students of XI MIA2 class as a control group. The data was analyses statistically used to t-test independent group. Statistically, the result shown that no significantly differences between the group was given explicit corrective feedback with implicit corrective feedback. But, the result shown that an experiment group was given explicit corrective feedback have analyses skill higher than control group.
Keyword: Explicit Corrective Feedback, Homework
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i1.18356
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats