PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD

Sri Rahayu, Suryani ., Asmayani Salimi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil  belajar pesera didik menggunakan model scramble dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Pontianak Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas dan bersifat kolaboratif. Penelitian ini Dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan tahap (1) kemampuan guru merancang pembelajaran pada siklus I yaitu dengan skor rata-rata 2,9, siklus II 3,00 , dan siklus III 3,17, terdapat peningkatan sebesar 0,27 dari siklus I ke siklus III. (2) kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I 3,17 dan siklus II 3,31 dan siklus III 3,53, terdapat peningkatan 0,36 dari siklus I ke siklus III. (3) Hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata kelas 65,19, siklus II  83,70 dan siklus III 91,11, terdapat peningkatan sebesar 25,92 dari siklus I ke siklus III. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model scramble dapat meningkatakan  hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Pontianak Selatan.

Kata Kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model          Scramble

Abstract: This reseadrch aims to describe improving student learning outcomes scramble model in teaching social scences in the clas IV state Elementary School 01 Pontianak South. The method used in this research and collaborative. This research was conduc tec as thirdcycles to stage (1) the ability of teachers to design learning the first cycle with a everage  score 2,9, second cycle is 3,00 and third cycle is 3,17, there is an increase of 0,27 from one cycle to cycle three. (2) the ability of teachers to implement learning in one cycle with a everage score 3,17 second cycle is 3,31 and third cycle is 3,53, there is an increase of 0,36 from one cycle to cycle three. (3) the results of learners learning outcomes first cycle with average grade 65,19, the second cycle is 83,70, and the third cycle is 91,11, there is an increase of 25,92 from one cycle to cycle three. This show that the use of scramble model can improve learning outcome of learners in the class IV state Elementary School 01 Pontianak South.

Keyboards: enhancement, learning Outcomes, social scences, scramble models


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723