SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS

Riska Mawarni, H.M. Chiar ., Hj. Sukmawati .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar  SMA Negeri I Pemangkat yang berkaitan dengan Supervisi Akademik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil pembahasan  sebagai berikut: (1) Perencanaan Supervisi akademik yang berupa merumuskan program supervisi akademik langkah awal yang dilakukan adalah dengan membentuk Tim Supervisi. 2). Pelaksanaan Supervisi akademik di SMA Negeri I Pemangkat, kepala sekolah  memberikan penilaian terhadap guru melalui kegiatan pra kunjungan. (3). Evaluasi supervisi  akademik di  SMA Negeri 1 Pemangkat selalu dievaluasi kepala sekolah, kemudian hasilnya dievaluasi. (4). Faktor pendukung dan faktor penghambat supervise akademik, faktor pendukung adalah para guru mata pelajaran selalu siap untuk disupervisi oleh kepala sekolah karena menyadari bahwa kegiatan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah. (5). Faktor penghambat supervisi akademik ini adalah adanya beberapa kesulitan yang dialami oleh kepala sekolah yang berupa jika kepala sekolah mensupervisi guru yang bukan bidang studi yang menjadi background pendidikan kepala sekolah.

 

Kata Kunci: Supervisi Akademik

Abstract: This study aims to improve the quality of teaching and learning SMA Negeri I Pemangkat relating to Supervision of Academic, This research is qualitative descriptive. The data collection procedures, in-depth interviews, and documentation. Results of the discussion as follows: (1) Planning Supervision academic form of academic supervision program formulate initial step is to form the Supervisory Team. 2). Implementation of academic supervision in SMA I Pemangkat, principals provide an assessment of teachers through pre-visit activity. (3). Evaluation of academic supervision in SMA Negeri 1 Pemangkat always evaluated the principal, then the results are evaluated. (4). Factors supporting and inhibiting factors of academic supervision, supporting factor is the subject teachers are always ready to be supervised by the principal for academic supervision realize that the activities carried principal. (5). Academic supervision inhibiting factor is the presence of some of the difficulties experienced by the school principal if the principal form of supervising teacher who is not a field of study that became the principal educational background.

 

Keywords: Supervision of Academic Schools


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723