STUDI KASUS SUPERVISI AKADEMIK DI SMP

. M.Yatim, H. Uray Husna Asmara, H.M. Chiar .

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami, mendiskripsikan secara rinci dan mendalam mengenai perencanaan program, pelaksanaan, dan tindak lanjut supervisi akademik di SMP Negeri 3 Kecamatan Semparuk Kabupaten Sambas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus, sebagai subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dua orang guru senior, dan sepuluh orang guru negeri dan honorer serta satu orang pengawas pembina sekolah. Data dihimpun menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini menemukan bahwa perencanaan program yang dilakukan oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru senior tidak melibatkan semua komponen yang terkait sehingga mempengaruhi terhadap keberhasilan program supervisi akademik. Pelaksanaan supervisi akademik yang melibatkan kepala sekolah dan guru senior menggunakan metode langsung. Tindak lanjut supervisi sebatas pembinaan dan penguatan terhadap guru. Berdasarkan hasil di atas bahwa kegiatan supervisi akademik oleh kepala sekolah belum tercapai secara efektif untuk meningkatkan hasil pengajaran yang lebih baik.

 

Kata Kunci: Supervisi Akademik

Abstract: The purpose of this research is to know, understand, describe in detail, and deep understanding of program planning, implementation, and follow-up of the academic supervision in SMP Negeri 3 Semparuk District of Sambas district. This study used a qualitative approach through case studies, as the research subjects are the principal, vice-principal, two senior teachers, and ten domestic and honorary teachers and one-supervisor junior coaches. Data is collected by using observation, interview, and documentation. The findings of this study are the planning in academic supervision conducted by principals, vice-principal, and senior teachers do not involve all the relevant components that affect the success of academic supervision programs. The implementation of academic supervision involving principals and senior teachers use the direct method. The follow-up of the supervision are directing and reinforcing only. From the findings, the activities in the academic supervision conducted by the subjects are not effective ways to achieve the better result in instruction.

 

Keywords: Academic Supervision


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723