PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE

Natalia Adam Tekot, Mastar Asran, Tahmid Sabri

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang akurat dan mendeskripsikan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial  menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share Kelas IV SD Swasta Bruder Melati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk penelitiannya penelitian tindakan kelas, dan sifat penelitian adalah kolaboratif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1). kemampuan guru merencanakan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siklus I yaitu diperoleh rata-rata 3,15, siklus II yaitu 3,61, dan siklus III yaitu 3,93 (2). Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siklus I yaitu diperoleh rata-rata 3,67, siklus II yaitu 3,94, dan siklus III yaitu 3,98 (3). Hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV Sekolah Dasar Swasta Bruder Melati. Pada data awal dengan rata-rata 61,56, siklus I dengan rata-rata 68,91, siklus II dengan rata-rata 81,87, dan siklus III dengan rata-rata 87,66. Peningkatan dari data awal ke siklus I adalah 7,35. Dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD Swasta Bruder Melati.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Model Kooperatif, Pembelajaran IPS, Tipe Think Pair Share

Abstract: This study aimed to obtain accurate information and describe their improving student learning outcomes in the Social Sciences Learning to use the type cooperative model Think Pair Share Class IV SD Swasta Bruder Melati. The method used in this research is descriptive method, the form of classroom action research study, and the nature of research is collaborative. The results obtained that (1). the ability of teachers plan learning of Social Sciences at the first cycle that gained an average of 3.15, the second cycle is 3.61, and the third cycle is 3,93 (2). The ability of teachers in implementing the learning of Social Sciences at the first cycle that gained an average of 3.67, the second cycle is 3.94, and the third cycle is 3.98 (3). The results of student learning using the model of cooperative learning Think Pair Share Class IV SD Swasta Bruder Melati. At the beginning of the data with an average of 61.56, the first cycle with an average of 68.91, second cycle with an average of 81.87, and third cycle with an average of 87.66. The increase of the initial data for the first cycle was 7.35. By using the type cooperative model Think Pair Share Class IV SD Swasta Bruder Melati.

Keywords: Learning cooperative model, Social Learning, Think Pair Share

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723