KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI DENGAN PENDEKATANSCIENTIFIC DAN METODE DISCOVERY LEARNING KELAS VII AL-MUJTAHID PONTIANAK

. Rizqiyah, Martono ., Syambasril .

Abstract


Abstrak: penelitian ini bertujuan Meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan pendekatan scientific dan metode discovery learning pada siswa kelas VII MTs Al-Mujtahid Pontianak. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan bentuk kualitatif, jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data berjumlah 30 siswa dan guru bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data adalah tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Alat pengumpulan data adalah lembar observasi perencanaan, pelaksanaan, lembar,  dan evaluasi pembelajaran, APKG I dan APKG II. Teknik analisis data  menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara umum disimpulkan terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 71,6. ini disebabkan pada siklus I dan II guru telah menggunakan pendekatan scientific dan metode discovery learning. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan baik dan benar dengan pendekatan scientific dan metode discovery learning. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan keterampilan siswa dalam menulis teks eksposisi dengan menggunakan pendekatan scientific dan discovery learning dapat meningkat dengan baik sesuai tujuan yang diharapkan dalam penelitian.

Kata Kunci: Menulis, PendekatanScientific, Metode Diccovery Learning

 

Abstract: This study aims Improve writing skills exposition text by using scientific approaches and methods of discovery learning in seventh class MTs Al-Mujtahid Pontianak. This research method is descriptive qualitative terms, classroom action research. Data sources included 30 Indonesian students and teachers. The data collection technique is a test and non-test (observation and documentation). Data collection tool is the observation sheet planning, implementation, sheets, and evaluation of learning, APKG APKG I and II. Data were analyzed using descriptive qualitative and quantitative techniques. The data analysis is generally concluded there was an increase in the average value of 71.6. This is due to the cycle I and II teachers have used a scientific approach and methods of discovery learning. Based on the results of this study are expected teachers can improve students' writing skills properly with scientific approaches and methods of discovery learning. These results indicate an increase in students' skills in writing exposition text using the scientific approach and discovery learning can be increased by either appropriate the expected goals in research

Keywords: Writing, Scientific Approaches, Methods of Discovery Learning

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723