PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PRAKARYA UNTUK KETERAMPILAN SISWA MEMBUAT ANYAMAN

. Nurbidah, Aunurrohman ., Warneri .

Abstract


Abstrak: Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul yang relevan pada pembelajaran Prakarya untuk keterampilan membuat anyaman pada siswa di MTs Negeri 2 Pontianak. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan kenyataan tentang: 1. Rancangan preskripsi tugas belajar dalam pembelajaran Prakarya untuk keterampilan membuat anyaman.2. Profil modul yang digunakan dalam pembelajaran Prakarya untuk keterampilan membuat anyaman.3.Hasil keterampilan siswa membuat anyaman.Berdasarkan hasil pengolahan data, maka dapatlah disimpulkan beberapa hal berikut ini: (1) Preskripsi tugas belajar dikembangkan melalui multimedia pembelajaran (2) Profil modul yang digunakan dalam pembelajaran Prakarya untuk meningkatkan keterampilan membuat anyaman pada siswa secara umum sudah cukup baik dan dapat dipergunakan dengan mudah oleh siswa; dan (3) Keterampilan membuat anyaman dalam pembelajaran Prakarya terlihat meningkat setelah mereka menggunakan modul dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Pengembangan Modul, Prakarya, Keterampilan Menganyam.

Abstract: Based on the formulation of the problem above, the general purpose of this research is to produce the relevant modules on learning the craft to make a basket on the skills of students in MTs Negeri 2 Pontianak. In detail the purpose of this study was to obtain information and facts about: 1. Draft prescriptions learning tasks in learning the craft of making skills webbing. 2. Profile of modules used in learning the craft of making skills webbing. 3. The results of the student's skills make wicker.Based on the results of data processing, it can be concluded the following points: (1) Prescription learning tasks developed through multimedia learning (2) Profile modules are used in learning the craft to improve the skills of making webbing on students in general is quite good and can be used easily by the students; and (3) Skills make woven in learning the craft seen rising after they use the module in the learning process.

Keywords: Module Development, Learning crafts, Weaving Skill


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723