PENGEMBANGAN MEDIA KARIKATUR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan mengembangkan media karikatur untuk keterampilan menulis argumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian yang dilaksanakan di SMKN 2 Singkawang ini menghasilkan hal-hal sebagai berikut. (1) Desain pembelajaran dalam penelitian ini mengadopsi model Dick and Carey. (2) Pengembangan media dalam penelitian ini menggunakan metode research and development. (3) Profil Multimedia berupa kepingan CD (Compact Disk) yang memuat judul, SK, KD, Tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan contoh, tugas belajar, dan karikatur. 4) Penggunaan multimedia dan karikatur mempunyai dampak yang positif yaitu menarik minat dan motivasi siswa, membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.(5)Penggunaan multimedia dan karikatur dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis argumentasi. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil penilaian portofolio yaitu 82 % siswa sudah mampu mengemukakan gagasan atau pendapat mengenai suatu peristiwa. 79 % hasil karangan siswa menunjukkan adanya keterkaitan antarkalimat dan antarparagraf. Sedangkan pada aspek pilihan kata menunjukkan 75 % siswa sudah dapat menggunakan kata dan istilah yang tepat untuk digunakan dalam karangan argumentasi.
Kata Kunci : Pengembangan, Karikatur, Menulis Argumentasi
Abstract : This research aims to develop a media caricature for the writing skills of argumentation. The approach used in this research is qualitative descriptive. This Study that performed at SMKN 2 Singkawang has result as following. (1) Design of learning in this study adopts the model of Dick and Carey. (2) The development of the media in this study using research and development. (3) Profile Multimedia in the form of CD (Compact Disk), which contains the title, SK, KD, learning objectives, learning materials and examples, learning tasks, and caricatures. (4) The use of multimedia and caricatures have a positive impact that interest and motivation of students, makes learning more fun and not boring. (5) The use of multimedia and caricatures can improve students' ability in writing argumentation. This can be evidenced from the portfolio assessment that 82% of students have been able to express ideas or opinions about an event. 79% of the student essay shows the relationship inter sentence and inter paragraph. While the aspect of the choice of words showed 75% of students are able to use words and terms that are appropriate for use in bouquets argument.
Keywords: Development, Caricatures, Write Arguments
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i1.18293
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats