PENGENALAN DOA-DOA PENDEK MELALUI VIDEO ANIMASI UNTUK ANAK USIA 3-4 TAHUN

. Muriana, Marmawi R ., Sutarmanto .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Sedangkan media yang digunakan adalah video animasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengenalan doa-doa pendek melalui vodeo animasi untuk anak usia 3-4 tahun. Subjek dalam penelitian ini adalah anak yang berjumlah 10 orang, yang terdiri 3 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Lokasi penelitian ini adalah TPA Taman Pena Kabupaten Kubu Raya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan hasil analisis data, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa melalui vedio animasi dapat mengenalkan doa-doa pendek dengan mudah pada anak usia 3-4 Tahun. Kesimpulan umum tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:1) Perencanaan pembelajaran sudah direncanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi guru oleh teman sejawat, guru sudah menentukan tema, indikator hasil belajar serta mengorganisasikan materi, alat dan media, guru menyusun rencana kegiatan dan guru membuat lembar penilaian; 2) Pelaksanaan pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik. 3) Respon anak sangat baik dalam kegiatan ini. Hal ini ditandai anak senang saat melakukan kegiatan dan anak fokus pada saat kegiatan dilaksanakan.

Kata Kunci: Pengenalan doa-doa pendek, video animasi.

Abstract: This study uses classroom action research. While the media used is the video animation. The purpose of this study to find out the introduction of short prayers through vodeo animation for children aged 3-4 years. Subjects in this study were children who were 10 people, including three boys and seven girls. The location of this research are Landfill Park Pena Kubu Raya. Based on the research that has been done and the results of data analysis, it can generally be concluded that through vedio animations can introduce short prayers easily in children aged 3-4 years. The general conclusion that can be described as follows: 1) Planning of learning has been well planned. It can be seen from the observation of teachers by peers, teachers have determined theme, indicators of learning outcomes and organizing materials, tools and media, teachers plan activities and teachers make the assessment sheet; 2) The study has been carried out properly. 3) The response was very good child in this activity. This marked a happy childhood and a child while doing activities focus on when the project is implemented.

Keyword : The introduction of short prayers, video animation.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723