PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPING DI SEKOLAH DASAR

Dian Nogati Ekaputri, Mastar Asran, Kartono .

Abstract


Abstrak: Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara mengajar melalui model Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas siswa pada kelas IV SD Muhammadiyah 2 Pontianak. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak yang berjumlah 41 orang, Dengan setting penelitian yaitu setting dalam kelas. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung. Sedangkan alat pengumpul datanya adalah lembar observasi. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran meningkat dari 27,78% dipertemuan pertama siklus 1 menjadi 82,50% di pertemuan kedua siklus 2 (2). Terjadi peningkatan sebesar 54,72%. Kesimpulannya penerapan Model Mind Mapping terbukti dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Saran berdasarkan hasil penelitian ini, maka model Mind Mapping dapat dijadikan alternatife untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran peserta didik.

 

Kata Kunci : Model Mind Mapping, aktivitas pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial

Absract: The purpose of the research was to describe the way of teaching through Mind Mapping learning model can improve students learning activity of the fourth grade students at SD Muhammadiyah 2 Pontianak. The subject of research was 41 students of fourth grade of SD Muhammadiyah 2 Pontianak in their classroom as the setting. Data collecting technique was direct observation while data collecting tool was observation sheet. The result of the research were (1) Students activity learning was improve from 27,78% in first meeting of the first cycle to 82,50% in second meeting of the secong cycle;  (2) There were 54,72% of improvements. The conclusion of the research is the application of Mind Mapping learning model is proven can improve the learnimg activity of Social Science subjects. Based on the research, the writer suggests that Mind Mapping learning model can be an alternative to improve students learning activity.

 

Keywords: Mind Mapping Learning Model, Learning Activity, Social Science Subjects

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723