KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP KEGIATAN PEMBELAJARAN DI TK

Ummi Hayati, Aswandi ., Dian Miranda

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran di kelompok B2 TK Islam Semesta Khatulistiwa Kecamatan Pontianak Kota Provinsi Kalimantan Barat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini berjumlah 2 orang. Instrumen penelitian menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam membuka dan menutup terdapat beberapa aspek yakni, menarik perhatian anak, menimbulkan motivasi, memberikan acuan, membuat kaitan, dan mereview serta mengevaluasi. Keenam aspek tersebut belum dilakukan guru secara keseluruhan, sehingga masih ada 7 anak yang masih asik sendiri pada saat guru membuka dan menutup pelajaran. Selain keenam aspek tersebut, ada juga faktor yang mempengaruhinya, yakni: latar belakang guru itu sendiri yang bukan dari sarjana pendidikan anak usia dini, serta kondisi anak, di mana kondisi anak yang kurang bisa menerima arahan dari guru sehingga mereka tidak mengerti apa yang harus dilakukannya.

 

Kata Kunci: Keterampilan Membuka, Keterampilan Menutup, Anak Usia Dini

Abstract:This study aims to determind the skills of teachers in subjects grouped opening and closing the B2 TK Islam rules equator pontianak city districts in west kalimantan. The method used is a qualitative research method. The subject of this research were two people. Research instruments using interviews, observation, and dokumentation. The results showed that the teachers’ skills in the opening and closing of some aspects namely, the children’s attention, lead to motivation, to provide a referance, making connections, and review and evaluate. The sixth aspect of the overall teacher has not been done, so there are seven children who still cool sensiri at the time of opening and closing the teacher a lesson.

Key Words: Opening Skills, Closing Skills, Early Childhood


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723