PENGARUH MEDIA MODIFIKASI BOLA TERHADAP HASIL BELAJAR SEPAK MULA DALAM SEPAK TAKRAW SMA

Khairun Nizam, Fitriana Puspa Hidasari, Andika Triansyah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi bola takraw terhadap hasil belajar sepak mula bawah dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk true experimental design. Sumber data penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 berjumlah 37 orang sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 berjumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen. Analisis data dilakukan dengan sistem komputerisasi serta analisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil uji-t pada kelas kontrol dan eksperimen didapatkan nilai p value 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak (Ha diterima) artinya ada peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan, dimana dari selisih nilai mean pada kelas eksperimen (34,5) lebih besar dibandingkan pada kelas kontrol (16,0).

 

Kata kunci : Modifikasi, Hasil Belajar, Sepak Mula

Abstract: This study aimed to determine the effect of  takraw ball modification towards below first kick learning achievement in physical, sports, and health education ofeleventh grade students of SMAN 6 Pontianak. The method used was an experimental method in form true experimental design. The sample of this research is a class of  XI IPS 2 with 37 students as control class and class of  XI IPS 3 with 37 students as an experimentclass. Data was analyzed by using computerized systems as well as analysis by using t-test. The result showed that the t-test results in control class and experimental class were 0,000 p value <0.05, therefore Howas rejected (Ha was accepted). It meant that there was a significant improvement between before and after  the treatment given, in which from the difference value, the mean scoreof the experimental class ( 34.5) was higher than in the control class (16.0).

Keywords: Modification, Learning achievement, First Kick


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723