MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERNYANYI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWASEKOLAH DASAR

Stella Destiolina Ola T, Aloysius Mering, Paternus HAnye

Abstract


Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian classroom action research atau penelitian tindakan kelasbertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam bernyanyi dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Konsep penelitian yang dilakukan dengan mengembangkan model pembelajaran talking stick yang telah dikembangkan dalam setiap siklus. Penelitian ini melalui proses tahapan 3 siklus yaitu siklus I, II yang memiliki pengembangan model talking stick yang berbeda dan siklus III sebagai pertemuan hasil. Setelah semua siklus dilaksanakan siswa tampak antusias dan bersemangat saat mengikuti pembelajaran. Hasil observasi pra silus kepercayaan diri siswa yang tinggi sebesar 18 %. Setelah dilakukan pembelajaran model talking stick kepercayaan diri siswa meningkat menjadi 84 %. Jadi peningkatan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran bernyanyi meningkat sebanyak 66 %. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa terhadap pembelajaran bernyanyi meningkat dengan menggunakan model pembelajaran talking stick.

 

Kata kunci: talking stick, kepercayaan diri, belajar bernyanyi.

 

Abstract: This research is a classroom action research or action research to increase self-confidencefor singing by using descriptive and qualitative approach. The concept of research conducted by the talking stick developing learning models that have been developed in each cycle. This research through 3 stages of the process cycle is the cycle I, II, which has a development model that is different from talking stick and the third cycle as the meeting proceeds. After all cycles carried out the students seemed enthusiastic and excited about learning when to follow. Results of observations pre silus high student self-confidence of 18%. Conclusion This study shows that the students' self-confidence in learning to sing increased using learning model talking stick.

 

Keywords: talking stick, self-self-confidence, learning to sing


 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723