PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KONFORMIS PADA SISWA YANG SERING TERLAMBAT DI SMA

Arman Syahfudin, Izhar Salim, Rustiyarso .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan perilaku konformis pada siswa yang sering terlambat di SMA N I MHU Kabupaten Ketapang. Bentuk penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arahan Guru untuk pembentukan perilaku konformis pada siswa yang sering terlambat dilakukan dengan pemanggilan orang tua siswa dan memberikan pedoman berupa nasehat-nasehat dari sering terlambat yang dilakukan. Selanjutnya bimbingan dengan menanamkan nilai-nilai  kerohanian seperti melaksanakan sholat berjamaah dan memberikan pendidikan yang baik dan menyenangkan. Selanjutnya, pengawasan guru berupa pencegahan dengan membagikan buku pembinaan dan buku saku  kepada siswa yang sering terlambat maupun tidak. Selanjutnya dengan pemberian sanksi sesuai frekuensi keterlambatan yang dilakukan siswa, 2-3 kali diberikan sanksi, membersihkan WC, menyiram tanaman. Apabila frekuensi keterlambatan mencapai 5-7 kali maka sanksi yang diberikan berat yaitu skotjam, atau dijemur. Selanjutnya figur kepemimpinan yang harus dimiliki guru adalah memiliki ketepatan waktu seorang guru dan memiliki ucapan-ucapan yang baik dan sopan.

 

Kata kunci:         Peran Guru, Perilaku Konformis, Siswa Yang Sering Terlmbat

Abstract: The purpose of this research was to know the role of teachers in shaping conformist behavior in students who are often late in SMA N I MHU Ketapang. Form of research is qualitative research with descriptive approach. The results showed that the direction of teaacher's formation conformist behavior in students is often too late to do with calling the parents of students and provide guidance in the form of advice from tardy done. Further guidance to inculcate spiritual values ​​such as praying in congregation and to provide good education and fun. Furthermore, the supervision of teachers in the form of prevention by sharing coaching books and pocket books to students who are often late or absent. Furthermore, with appropriate sanctions delay frequency of the student, 2-3 times sanctioned, clean the toilets, watering plants. If the frequency of delays in reaching 5-7 times the weight of the sanction squat jump, or dried. Further figures to be possessed teacher leadership is having the timeliness of a teacher and has a good sayings and polite.

 

Keywords: Role Of Teachers, Behavior Conformists, Students Frequently Is Late



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723