PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERSTRUKTUR METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

. Sani, Agung Hartoyo, Ahmad Yani

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKS berstruktur Metode Penemuan terbimbing materi keliling dan luas lingkaran yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengadaptasi model pengembangan Borg dan Gall. Subjek penelitian adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Sebangki yang berjumlah 20 orang uji coba terbatas dan 56 orang uji coba luas. Hasil analisis data 1) valid berdasarkan penilaian validator dengan rata-rata skor sebesar 90% dengan kategori sangat valid, artinya LKS dapat digunakan dalam pembelajaran, 2) praktis berdasarkan respon siswa dengan rata-rata skor sebesar 88%  dan keterlaksanaan RPP dengan rata-rata skor sebesar 98%, dengan kategori keduanya sangat baik, artinya LKS praktis digunakan dalam proses pembelajaran, dan 3) keefektifan LKS dilihat dari kemampuan komunikasi matematis tertulis dan lisan siswa. Hasil kemampuan komunikasi matematis tertulis rata-rata skor sebesar 76% dan lisan siswa rata-rata skor sebesar 78%, karena kemampuan komunikasi tertulis dan lisan siswa kategori keduanya baik, maka LKS memenuhi aspek efektif, artinya siswa dapat mengungkapkan ide atau gagasan dalam bentuk gambar, membuat langkah kerja, dan menyelesaikan masalah matematika secara tertulis, maupun lisan.

 

Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Metode Penemuan Terbimbing,

Kemampuan Komunikasi Matematis

ABSTRACT : This study aims to produce LKS structured method of guided discovery material and area of ​​a circle whose circumference is valid, practical, and effective. The method used in this research is the research and development (research and development) which adapts the model of development of Borg and Gall. The research subject is class VIII SMP Negeri 2 Sebangki of 20 people limited trial and 56 trials spacious. The results of data analysis 1) is valid based on ratings validator with an average score of 90%, as the average score of the validation of more than 80%, the LKS is categorized as very valid, meaning LKS could be tested, 2) practical based on the responses of students with an average score of 88% and enforceability of Lesson Plan with an average score of 98% in both catagories is very good, that is practical worksheets used in the learning process, 3)  the effectiveness seen from the mathematical ability of written and oral communication students. Result written communications skills mathematical average of 76% and the average verbal score of students by 78%, as written and oral communication skills are both good students category, then LKS meets aspects of effective, meaning that students can express ideas or idea in the form of pictures, making working steps, and solving mathematical problems in writing, or orally.

 

Keywords: StudentnWorksheet,Guidedndiscoverynmethod,
Mathematical Communications Capabilities

 



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723