PENGARUH LAYANAN INFORMASI PEMAHAMAN DIRI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS XI SMA

Ari Saputra, Busri Endang, Sri Lestari

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi objektif tentang pengaruh layanan informasi pemahaman diri terhadap kecerdasan emosional pada siswa kelas XI SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI yang terdaftar di SMA Tahun Pelajaran 2014/2015 yang mengikuti layanan informasi pemahaman diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan informasi pemahaman diri siswa kelas XI SMA mencapai 69,48% termasuk kategori baik. Kecerdasan emosional pada siswa kelas XI SMA mencapai 70,80% termasuk kategori baik. Layanan informasi pemahaman diri berpengaruh terhadap kecerdasan emosional pada siswa kelas XI SMA yang ditunjukkan dengan persamaan regresi, yaituŶ = 1,234 + 0,575X + e. Koefisien korelasi menunjukkan nilai sebesar 0,589 yang berarti adanya hubungan atau korelasi yang cukup kuat dan positif antara layanan informasi pemahaman diri dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas XI SMA. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel (4,672 > 2,021) yang berarti hipotesis nol ditolak. Analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa konstribusi pengaruhlayanan informasi pemahaman diri terhadap kecerdasan emosional pada siswa kelas XI SMA sebesar 34,70%, dan sisanya 65,30% dipengaruhi oleh faktor lain.

 

Kata kunci: Layanan Informasi, Pemahaman Diri, Kecerdasan Emosional

Abstract: This research aims to obtain objective information about the influence of self understanding service information to emotional intelligence at students grade XI of Senior High School. The method used in this research is descriptive method with quantitative approach. The population this research is all of students grade IX of Senior High School in the Year 2014/2015 which followself understanding service information. The research result shows that the self understanding service information of students grade XI reaching 69.48% inclusive of good category. The emotional intelligence at students grade XIreaching 70.80% inclusive of good category. The self understanding service information influence to emotional intelligence at students grade XI of Senior High School showed with regression equation: Ŷ = 1,234 + 0,575X + e. The coefficient correlation show result as big as 0.589 what its meaning existence correlation which strong enough and positive between self understanding service information withemotional intelligence at students grade XI of Senior High School. The t-test show that hypothesis nil refused. The analysis of determination coefficient show that 34.70% the emotional intelligent influenced self understanding service information.

 

Keyword: Information Services, Self Understanding, Emotional Intelligence


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723