EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA-KEWIRAUSAHAAN OLEH COMMUNITY DEVELOPMENT AND OUTREACHING BIDIKMISI FKIP UNTAN

Siti Hardianti, Nuraini Asriati, Bambang Genjik

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui keberhasilan PKM-K. Metode penelitian deskriptif dengan bentuk studi kasus. Sumber data penelitian adalah Ketua Koordinator PKM-K dan 5 orang mahasiswa. Hasil penelitian Tahap Taksiran PKM-K: PKM-K bermanfaat memberikan modal berwirausaha; 1.026 mahasiswa Bidikmisi 2014 hanya 124 kelompok mengajukan proposal. Tahap Perencanaan Program: panitia mengadakan seminar kewirausahaan; proses pengusulan proposal PKM-K 1 bulan 4-5 orang perkelompok; pencairan dana kurang sesuai pedoman PKM-K. Tahap Pelaksanaan Program: pelaksanakan PKM-K memiliki hambatan mahasiswa dan panitia; even PKM-K meliputi penampilan hasil usaha; sistem pelaksanaan sesuai pedoman PKM-K; pelaksanaan PKM-K 3 bulan; tidak semua dana kelompok digunakan modal usaha; monev sesuai pedoman PKM-K; perkenalan produk di kampus dan lingkungan sekitar. Tahap Hasil dan Dampak: usaha mahasiswa tidak sampai ke tahap PIMNAS; usaha terkendala kesibukan kuliah; keberhasilan usaha tercapai dan mendapatkan profit; PKM-K menumbuhkan jiwa kewirausahaan; ada dampak positif dari kegiatan PKM-K.

Kata-Kunci:-Evaluasi-Program,-Program-Kreativitas-Mahasiswa
Kewirausahaan

Abstract: This study aims to determine the success of PKM-K. Descriptive research method with the form of case studies. Source of research data is Chief Coordinator PKM-K and 5 students. The results of the study stage Estimated PKM-K: PKM-K helpful provide capital to entrepreneurship; 1,026 students Bidikmisi 2014 only 124 groups submitted proposals. Program Planning Phase: the committee held an entrepreneurship seminar; proposing the proposal PKM-K 1 month 4-5 people per group; disbursement of funds less suitable guidelines PKM-K. Program Implementation Phase: pelaksanakan PKM-K has a resistance of students and organizers; even PKM-K includes an appearance results of operations; system implementation according to the guidelines PKM-K; implementation of PKM-K 3 months; not all groups used venture capital funds; monitoring and evaluation within the guidelines of PKM-K; product introductions in the campus and the surrounding environment. Phase Results and Impact: business students do not get to the stage PIMNAS; hampered efforts bustle college; achieved business success and make a profit; PKM-K fostering the entrepreneurial spirit; there is a positive impact on the activities of PKM-K.

Key words: Evaluasi Program, Program Creativity Student Entrepreneurshi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723