PELAKSANAAN MODEL INQUIRY SOSIAL MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS

. Nirwan, Amrazi Zakso, Rustiyarso .

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan model inquiry sosial pada mata pelajaran sosiologi dalam memotivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan pelaksanaan model inquiry sosial pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS terlaksana dengan baik yaitu guru menyampaikan topik pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran serta guru menyampaikan langkah-langkah pelaksanaan model inquiry sosial. Guru mendorong siswa dalam perumusan masalah, perumusan hipotesis, membantu siswa dalam mengumpulkan data serta merumuskan kesimpulan. Motivasi siswa yang terlihat yaitu Siswa aktif selama proses pelaksanaan proses belajar dengan siswa merespon positif pertanyaan guru serta siswa terdorong dalam merumuskan masalah yang dibahas. Terlihat antusias dari siswa dalam mencari, mengumpulkan serta memilah data yang sesuai dengan  permasalahan. Siswa berani untuk bertanya, mengeluarkan pendapat serta siswa dilibatkan aktif dalam perumusan kesimpulan.

Kata Kunci: Model Inquiry Sosial, Pelajaran Sosiologi, Motivasi  Belajar Siswa

Abstract: The purpose of this research is to know the implementation of a model of social inquiry on the subject of sociology in motivating student’s learning. Result was used in the research study. Results of the research shows the implementation model of social inquiry in the sociology subject of XI IPS class have done well that teachers deliver learning topics, expressing the purpose of learning and teacher deliver the measures of implementing model of social inquiry. Teacher encourage students in the formulation of the problem, the formulation of hypotheses, assist students in gathering data and drawing conclusions. Student motivation is seen that students were active during the execution of the learning process with students respond positively to the teacher and students are encouraged to formulate the problems discussed. Can be seen that the enthusiasm of the students in searching, collecting and processing data in accordance with problems. Students dared to ask, issuing opinions and students are involved actively in the formulation of conclusions.Keywords: Model of Social Inquiry, Sociology Lesson, The Learning Motivasion of Students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723