MENGATASI HAMBATAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN ANTISIPASI DIDAKTIS MATERI DALIL PYTHAGORAS DI SMP

Heri Alfian, Sugiatno ., Hamdani .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengatasi hambatan pemahaman konseptual matematis siswa dalam materi dalil Pythagoras dengan diberikan pendekatan antisipasi didaktis di kelas IX A SMP Islam Bawari Pontianak tahun pelajaran 2016/1017. Subjek yang berpartisipasi dalam  penelitian  ini ada empat siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah desain subjek tunggal (single subject design) dengan desain A-B-A’. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda beralasan berjumlah enam soal yang terdiri dari pre-test dan post-test. Sebelum diberikan pendekatan antisipasi didaktis subjek penelitian mengalami hambatan pemahaman konseptual matematis yang diketahui dari hasil pre-test siswa dan melalui wawancara personal yang dilakukan. Setelah diberikan pendekatan antisipasi didaktis, hambatan yang dialami subjek penelitian dapat diminimalkan. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya pemahaman konseptual matematis subjek. Dengan demikian, pendekatan antisipasi didaktis dapat mengatasi hambatan pemahaman konseptual matematis siswa dalam materi dalil Pythagoras.

 

Kata kunci:  Hambatan Belajar, Pemahaman Konseptual Matematis Siswa, Pendekatan Antisipasi Didaktis

 

Abstract: The purpose of this research was to describe and overcoming of mathematical conceptual understanding obstacles of students on Pythagorean theorem with didactical anticipation approach in class IX A SMP Islam Bawari Pontianak in the school year 2016/2017. Participating Subjects in this study were four students. The method used was a single-subject design with A-B-A' design. Instruments used in the form of multiple choice tests reasoned amounted to six questions that consist of pre-test and post-test. Before being given the anticipation didactical approach of the research subjects experiencing obstacles known mathematical conceptual understanding of the pre-test students and through personal interviews were conducted. After being given the anticipation didactical approach, obstacles experienced research subjects can be minimized. This was evidenced by the increasing mathematical conceptual understanding of subject. Thus, anticipation didactic approach can overcome of mathematical conceptual understanding obstacles of students in Pythagorean theorem.

 

Keywords:  Learning Obstacle, Anticipation Didactic Approach, Students' Mathematical Conceptual Understanding


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723