PENGARUH PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI STRUKTUR TEKS CERPEN

Anggela Tuti, Christanto Syam, Deden Ramdani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh  metode discovery learning terhadap hasil belajar memahami struktur teks cerpen siswa kelas VIIC SMP Kristen Immanuel 2 Sungai Raya. Bentuk penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalak kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan VIID sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda berjumlah 20 soal. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen  15,8, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol 14. Berdasarkan uji U Mann-Whitney dengan tarf signifikan  a = 5% menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode discovery learning dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran saintifik. Nilai effect size yang diperoleh  sebesar 1,07 dengan lategori sedang dan  memberikan kontribusi sebesar 36,77% artinya metode discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: pengaruh, discovery learning, pemahaman, struktur teks cerpen

Abstract: This study aims to determine the effect of discovery learning method for learning outcomes to understand the text structure of stories graders VIIC Immanuel Christian SMP 2 Sungai Raya. Form of research is a quasi-experimental design with nonequivalent control group design. This research sample adalak VIIC class as a class experiment and VIID as the control class. Instruments used in the form of multiple choice tests are 20 questions. The average student learning outcomes experimental class of 15.8, while the average student learning outcomes control class 14. Based on the Mann-Whitney U test with significant and often aloof sphere a = 5% indicates that there is a difference between learning outcomes of the students taught using discovery learning methods with students who are taught using a model of scientific learning. Values obtained effect size of 1.07 with lategori medium and contributed 36.77% means that discovery learning methods influence on student learning outcomes.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723