HUBUNGAN KETERAMPILAN MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL MATERI GAYA PADA SISWA SMP MUJAHIDIN PONTIANAK

Lola Wiladatika, Stepanus Sahala Sitompul, Diah Mahmuda

Abstract


 

Abstrak :   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan  matematika dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan metode deskriptif  korelasi. Sampel penelitian adalah siswa Kelas VIII SMP Mujahidin Pontianak. Keterampilan matematika siswa dalam menyelesaikan soal pada materi gaya masih dibawah ketuntasan  (67,53 %) sedangkan dalam menyelesaikan soal siswa sudah mempunyai kemampuan yang cukup baik (81,82 %).  Digunakan analisis korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antara keterampilan matematika dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal. Hasilnya terdapat hubungan yang positif antara keterampilan matematika dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,491(signifikan). Hal ini berarti semakin baik keterampilan matematika siswa maka semakin baik pula kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal fisika, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu keterampilan matematika yang dimiliki siswa mempunyai peran yang besar dalam  menyelesaikan soal fisika. Sehingga, guru juga perlu memperhatikan keterampilan matematika siswa saat proses pemebelajaran.

 

Kata Kunci :  Hubungan, Keterampilan Matematika, Kemampuan Menyelesaikan Soal

 

Abstrac: The purpose of this research to determine the relationship between mathematics skills with the ability of students in solving  the problems of physics matter. This research is survey with descriptive correlation method. The samples of this research are students of grade VIII SMP Mujahidin Pontianak. Mathematics skills of students in solving the matter of force is still under completeness (67.53%) whereas in solving problem, the student already has a pretty good ability (81.82%). To determine the relationship between  mathematics skills and abilities of students in solving problems used the analysis of product moment correlation. The result there is a positive relationship between  mathmatics skills and the ability of the student in solving the  problems with a correlation coefficient of 0.491 (significant). This means  the better math skills of students, ability in solving physics became better too, and also the opposite. Therefore the mathematics skills of the students have a major role in solving physics. Thus, teachers also need to consider students' mathematics skills during the learning process.

Keywords: Relationships, Mathematics Skills, Problem Solving Ability


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723